Segudang Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan Tubuh dan Meredakan Stres
16 September
595 223
Segudang Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan Tubuh dan Meredakan Stres
Selama ini manfaat daun sereh lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang membuat masakan menjadi semakin sedap. Padahal sereh juga mengandung banyak mineral dan zat aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan juga bisa menjadi obat untuk meredakan stres.

Sereh atau serai merupakan sejenis tanaman yang masuk dalam suku rumput-rumputan. Aromanya yang wangi membuatnya terkenal sebagai bumbu masak yang wajib selalu tersedia di dapur.

Aroma sereh yang harum juga mengindikasikan adanya kandungan zat aktif. Karena itu pula tanaman sereh juga banyak dimanfaatkan kalangan industri untuk diambil minyaknya dan dijadikan minyak atsiri.

Minyak serai ini diketahui mengandung zat sitronela yang berguna untuk mengusir nyamuk. Anda pun bisa membakar daun atau batang sereh untuk mengusir nyamuk di rumah.

Sejumlah penelitian menemukan manfaat daun sereh dari kandungannya yang beragam, seperti vitamin B, kalium, magnesium, dan zat besi. Minyak atsiri dalam sereh juga kaya dengan senyawa terpinol, sitronelol, dan sitrat, a-pinen.

Juga ada kariofilen oksida, elemol, geranil butirat, geranial, eugenol, lomonen, metileugenol, sabinen, kamfen, mirsen, p-simen, felandren beta, borneol, sitronelal, limonen, cis-osimen, metilheptenon, farnesol, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, dll.

Beragam Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan
Sejumlah penelitian menemukan besarnya manfaat daun sereh untuk kesehatan. Berikut ini khasiat herbal ini yang sebaiknya anda tahu.

Menangkal Radikal Bebas
Daun sereh mengandung zat aktif seperti asam klorogenat, swertiajaponin, dan isoorientin yang bersifat antioksidan. Selain ampuh dalam menangkal radikal bebas sereh juga baik untuk melindungi kulit.

Bersifat Anti-Mikroba dan Anti-Bakteri
Kandungan zat aktif dalam minyak sereh bersifat anti-mikroba dan anti-bakteri. Karena itu minyak ini baik untuk mengatasi infeksi luka maupun sakit pada usus, lambung, maupun pada saluran kandung kemih.

Mengatasi Gigi Berlubang
Manfaat daun sereh juga dari kandungan senyawa antimikroba yang efektif untuk membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan kerusakan gigi. Minum teh sereh mampu meredakan infeksi mulut dan gigi berlubang.

Menguatkan Tulang dan Fungsi Otot
Daun sereh juga mengandung magnesium dan kalium yang berguna untuk menguatkan tulang. Mineral ini juga baik untuk meningkatkan fungsi otot, jantung, maupun saraf.

Meredakan Kecemasan
Minyak atsiri daun sereh bisa digunakan sebagai aromaterapi yang berkhasiat dalam memberikan efek rileks, tenang serta meredakan kecemasan dan stres akibat beban hidup.

Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat daun sereh lainnya adalah khasiatnya dalam mengendalikan tekanan darah karena adanya kandungan kalium. Untuk mengonsumsinya bisa dibuat teh sereh yang nikmat.

Mengatasi Rematik dan Kejang
Zat aktif dalam daun sereh juga bersifat diuretik dan juga baik untuk membantu mengatasi rematik dan kejang. Untuk menggunakannya bisa dengan mengoleskan minyak sereh pada tubuh yang sakit.

Efek Samping Daun Sereh
Selain dibuat minyak sereh, herbal ini juga bisa dijadikan teh sereh yang enak diminum hangat. Selain akan menghangatkan, juga dapat membuat badan menjadi lebih rileks dan tenang.

Namun untuk mendapatkan manfaat daun sereh tidak ada ketentuan menyangkut takaran yang disarankan. Hanya saja, perlu diwaspadai efek samping daun sereh jika mengkonsumsi teh sereh secara berlebihan.

Efek samping minum rebusan serai tiap hari bisa menimbulkan mulut menjadi kering, rasa lelah, pusing, ataupun menimbulkan rasa lapar.

Selain itu, minyak sereh yang dihasilkan, sebaiknya diencerkan terlebih dahulu dengan minyak pengencer baru digunakan. Baik dengan dioleskan pada tubuh maupun pada bagian kulit yang mengalami iritasi.

Begitu juga jika ingin menggunakan sereh sebagai aroma terapi, sebaiknya jangan menghirup secara langsung dari minyak sereh. Cara yang terbaik adalah dengan meneteskan minyak sereh pada media diffuser sebelum dibakar sebagai aroma terapi.

Demikian beragam manfaat daun sereh untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu. Namun agar hasilnya efektif, sebaiknya batasi takarannya agar tidak menimbulkan efek samping.
16 September
595 223